Smart School, PJJ SMK Wahidin Lebih Efektif

Guru SMK Wahidin menggunakan Smart School untuk pembelajaran jarak jauh.
Guru SMK Wahidin menggunakan Smart School untuk pembelajaran jarak jauh.

Sebelum adanya pandemi Covid-19, SMK Wahidin telah berhasil mengembangkan smart school yang dapat memudahkan sekolah untuk menerapkan blended learning. Sebuah konsep pembelajaran yang memadukan tatap muka dengan daring (e-learning).

Wakasek Kurikulum SMK Wahidin, Sutrisno mengatakan, pengembangan smart school di SMK Wahidin sudah dilakukan sejak bulan November 2019 lalu. Kini dengan adanya pandemi Covid-19, keberadaan smart school sangat membantu kegiatan belajar siswa.

“Selama pandemi ini, sama dengan yang lain, kami menggunakan PJJ. Tapi sistemnya menggunakan e learning,” kata Sutrisno, kepada Radar Cirebon

Sutrisno mengatakan dalam sistem Smart School SMK Wahidin, awalnya dikembangkan untuk pembelajaran bagi siswa yang akan melakukan prakerin. Selama menjalani prakerin, siswa dapat tetap belajar secara e learning.

Semua kegiatan pembelajaran dan materi seluruh program keahlian juga telah ter-cover dalam smart school. “Sekarang smart school sangat membantu proses belajar siswa disaat ada pandemi ini. Sebanyak 2.100 lebih siswa dan guru gurunya sudah masuk dalam sistem” ungkapnya.

Aan Fathurohman, Kepala Tim IT SMK Wahidin mengatakan, dengan smart school siswa dapat mengakses berbagai menu seperti e learning, PPDB Online, perpustakaan digital, absensi siswa dan guru, materi hingga tugas tugas belajar. Dengan sistem yang terintegrasi, siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih tertata dan dapat diawasi dengan lebih efektif.

 

Dengan smart school, siswa dapat  mengakses materi kapan saja. Di dalamnya juga memuat modul pembelajaran, berupa teks foto dan video. Kemudian terdapat fitur chat langsung dengan guru.

Kelebihan e learning dibandingkan dengan metode PJJ lainya, kata Aan adalah siswa dapat mengakses smart school bisa lewat browser saja. Setiap siswa dapat mengakses dengan username dan password yang telah diberikan.

“Jadi ini tidak harus diakses lewat ponsel. Karena mereka bisa masuk lewat browser. Dengan mengakses smart school, data data absensi, materi dan tugas yang dikerjakan siswa semuanya tersimpan di server,” 

Editor : Akun Hubin

Related Posts

Comments (0)

Leave a Comment